Translate

Sabtu, 23 Juli 2016

TENTANG DOA BAPA KAMI


Banyak orang salah mengerti tentang Doa bapa kami dan mengira Doa bapa kami sebagai yang harus didoakan kata per kata. Sebagian orang memperlakukan Doa bapa kami  seperti sebuah Mantra, seolah – olah kata – kata doa itu memiliki kuasa tertentu atau dapat mempengaruhi jawaban ALLAH.

Alkitab mengajarkan hal sebaliknya. ALLAH lebih tertarik kepada isi hati kita saat kita berdoa, bukan dengan sebuah kata – kata kita.

MATIUS 6 : 6 – 7
Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele, seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata l  doanya akan dikabulkan.

Sebaliknya Doa bapa kami perlu dipandang sebagai contoh mengenai bagaimana berdoa. Doa bapa kami memberi bahan – bahan dalam suatu doa. Berikut berbunyi demikian :

BAPA KAMI YANG ADA DISURGA, ARTINYA :

Tuhan Yesus mengajarkan kepada murid – murid-NYA agar mereka menyapa ALLAH dengan “BAPA KAMI”, bukan “BAPA-KU”. Bapa kami adalah ungkapan kebersamaan bahwa umat percaya mempunyai Bapa yang sama. Bapa yang satu, yaitu Bapa di surga.

DIKUDUSKANAH NAMA-MU, ARTINYA :

Menguduskan Nama Allah  berarti tidak mengubah Allah menjadi seperti yang kita inginkan, tetapi kita tunduk kepada Allah. Allah bebas menentukan apa yang dia kehendaki. Tuhan Yesus menegaskan dari awal doa bukan untuk mendikte Tuhan atau memaksa Tuhan menuruti kehendak kita, melainkan doa adalah membiarkan Allah tetap menjadi Allah yang kudus, artinya Allah yang bertindak sesuai dengan kehendaknya sendiri.

DATANGLAH KERAJAAN-MU DIBUMI SEPERTI DI SURGA, ARTINYA :

Kerajaan Allah merupakan keadaan dimana Allah itu hadir dan memerintah disana.

Kerajaan Allah sudah datang, yaitu pada saat Yesus hadir di dunia. Dan akan datang, artinya kerajaan Allah yang sudah datang belum dinyatakan secara sempurna, masih terus menerus menuju kepada kesempurnaan sampai Yesus datang kedua kalinya.

 Berdoa dengan cara ini berarti mengakui dan mengundang Allah hadir dan memerintah, menjadi penguasa atas dunia dan atas hidup kita. Allah yang hadir sebagai penguasa juga berarti Allah yang kehendaknya terjadi di dunia ini. Sebagaimana juga terjadi disurga.


BERILAH KAMI PADA HARI INI MAKANAN KAMI SECUKUP-NYA, ARTINYA
:
Permintaan yang diajarkan Tuhan menyangkut kebutuhan Pokok manusia.
Kebutuhan paling pokok adalah Makanan.

Permohonan kebutuhan pokok tersebut diminta hari ini, cukup untuk satu hari, bukan untuk satu tahun. Tuhan Yesus mengajarkan kita bahwa kita harus bergantung sepenuhnya kepada pemeliharaan Allah.

Permohonan akan kebutuhan Pokok tersebut dimintakan secukupnya, sewajarnya, tidak berlimpah – limpah berdasarkan keserakahan. Hal ini dimaksudkan agar kita tetap mengingat orang lain, bukan hanya untuk diri kita sendiri.

DAN AMPUNILAH KAMI AKAN KESALAHAN KAMI, SEPERTI KAMI JUGA MENGAMPUNI ORANG YANG BERSALAH KEPADA KAMI, ARTINYA :

Bagian Doa ini sering merupakan hal yang berat bagi kita.
Dalam kalimat ini Tuhan mengajarkan kepada kita agar kita meminta Bapa mengampuni kesalahan kita, seperti kita mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Jadi kita mengatakan bahwa kita sudah mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Itu berarti bahwa kalau kita tidak mengampuni orang yang bersalah kepada kita, Bapa juga tidak akan mengampuni kita.

DAN JANGANLAH MEMBAWA KAMI KE DALAM PENCOBAAN, TETAPI LEPASKANLAH KAMI DARIPADA YANG JAHAT, ARTINYA :

Bagian doa ini mempunyai arti ganda. Di satu pihak, kita minta agar Bapa tidak membawa kita kedalam pencobaan. Tetapi dipihak lain, kita minta agar Bapa melepaskan kita dari yang jahat, itu berarti kita sudah berada dalam kungkungan si jahat.
Kalimat ini menyadarkan kita bahwa kita adalah manusia yang lemah, yang masih sering jatuh dalam pencobaan. Oke karena itu kita meminta kepada Allah untuk menjauhkan kita daripada yang jahat. Kalimat ini merupakan “ Minta kekuatan Allah agar kita dapat melawan dan menjauhi pencobaan. “

KARENA ENGKAULAH EMPUNYA KERAJAAN DAN KUASA DAN KEMULIAAN SAMPAI SELAMA – LAMA-NYA, ARTINYA :

Bagian akhir ini dimaksudkan untuk memuji dan memuliakan Allah. Hanya dialah yang mempunyai kerajaan, kuasa, dan kemuliaan, dan bagi dialah segala sesuatu ditunjukan.
Kata “Amin” berarti “Sungguh dan benar”. Kita meyakini apa yang kita doakan, kita hendak mengatakan bahw kita berdoa, kita juga yakin bahwa Tuhan mendengar doa kita.
Dari renungan ini kita dapat melihat bagaimana Doa bapa kami memiliki konsep – konsep teologis yang amat penting hubungan kita dengan Tuhan. Doa bapa kami adalah visi Tuhan yang ia ingin kita mengetahuinya. Kita memandang sebagai bapa didalam Yesus kristus, kita menyembahnya didalam kekudusan.  Ia didalam Anaknya Yesus kristus adalah raja dalam kerajaan Allah itu. Yang sudah ada sekarang dan akan disempurnakan pada waktu kedatangan Yesus kedua kalinya. Ia ingin agar kita saling mengampuni seperti ia telah mengampuni semua dosa – dosa kita. Yesus kristus menginginkan semua orang hidup dalam sukacita, damai dan sejahtera.

Tuhan Yesus memberkati

1 komentar:

Melchior suroso mengatakan...

Mohon dukungan doa untuk saya sudah 5 tahun sakit stroke dan insomnia. Terima kasih. Melchior Suroso